Breaking

Cara Agar Kepala Bayi Cepat Masuk ke Panggul


Melahirkan secara normal dan keadaan ibu dan bayi sehat-sehat adalah impian semua orang tua. Karena itu siperlukan kehati-hatian untuk setiap kehamilan. Jangan malas membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan penjelasan-penjelasan kehamilan seperti artikel di blog ini http://ibuhamil777.blogspot.com. Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu oleh kedua mempelai terutama bagi mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan.

Adapun kehamilan itu sendiri umumnya bisa langsung terjadi apabila hubungan suami istri dilakukan saat si wanita dalam kondisi masa subur. Apalagi jika kedua pasangan sama-sama tidak memiliki masalah dalam hal reproduksi .
Tentu kehamilan akan sangat menjadi kabar membahagiakan sekaligus menjadi kado terindah dari pernikahan yang mereka lakukan dari Tuhan.

Selama proses kehamilan dari awal hingga mencapai trisemester akhir sang ibu akan merasakan banyak sekali hal seperti perut yang semakin membesar, sesekali akan merasakan pergerakan bayi dan juga akan merasakan contoh tanda janin sudah masuk panggul yang mana itu menjadi contoh pertanda jika waktu persalinannya sudah mulai dekat.

Salah satu pertanda apabila persalinan sudah mulai dekat adalah contoh janin sudah masuk ke dalam panggul. Jadi jika itu terjadi biasanya proses persalinannya akan lancar dan tidak terjadi sungsang. Namun tanda janin sudah masuk panggul itu biasa terjadi dalam hitungan 2-3 Minggu sebelum persalinan dan ada pula beberapa kasus yang mana janin baru akan masuk panggul tinggal hitungan saja sebelum persalinan.
Namun semua itu masih merupakan hal yang wajar dan tidak perlu untuk anda risaukan, karena nanti akan ada pula beberapa tips bagaimana supaya posisi bayi bisa segera masuk ke panggul dengan posisi yang tepat.

Pada usia kehamilan minggu ke 35, diharapkan janin sudah siap dilahirkan dengan posisi kepala di bawah dan sudah masuk ke rongga panggul. Nah, itu artinya tidak lama lagi Anda akan menghadapi proses persalinan. Namun, bagaimana jika kepala bayi sudah di posisi bawah, tapi belum juga masuk ke rongga panggul? Berikut Tips agar bayi cepat masuk ke panggul.

Tips Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

Setelah mengetahui beberapa hal seputar contoh tanda janin sudah masuk panggul, berikut ini saya juga akan berbagi tips-tips agar janin bisa cepat masuk ke dalam panggul dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Rutin melakukan jalan-jalan pagi selama 20-30 menit setiap hari.
  • Melakukan duduk seperti bersila dengan kedua telapak kaki menyatu ala yoga. Ada yang berpendapat jika posisi duduk bersila demikian itu dapat membantu mengarahkan kepala bayi ke bawah seperti contoh tanda janin sudah masuk panggul. 
  • Ketika sedang melakukan sholat wajib upayakan melamakan sujud, begitu juga saat melakukan sholat sunnah lainnya.
  • Mandi menggunakan air panas untuk merangsang bayi supaya posisinya turun ke panggul.
  • Saat tidur upayakan untuk menghadap atau miring ke kiri.
  • Apabila tidak memiliki waktu untuk melakukan jalan pada pagi hari, olahraga ringan di dalam rumah seperti naik turun tangga juga bisa membantu. 
  • Yang terakhir nungging ala senam hamil. Jadi caranya dengan menempelkan dada ke lantai, kemudian miringkan wajah sehingga pipi juga menempel lantai, sementara untuk kakinya dilebarkan.

      

Jadi tips di atas sebenarnya bisa kita lakukan dengan mudah dan rutin setiap hari agar kelak proses melahirkan yang dijalani bisa normal.

      Baca juga : Mau Melahirkan Normal dengan Mudah

Apa saja Faktor Yang Membuat Janin Tidak Bisa Masuk Ke Panggul?

Namun meski demikian kemungkinan janin tidak mau masuk panggul juga tetap ada dan hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini :

  • Tali ari-ari janin yang terlalu pendek
  • Janin terlilit oleh ari-ari.
  • Panggul ibu yang sempit.
  • Berat janin yang lebih dari 3.5 Kg


Demikian tips agar bayi cepat masuk ke panggul. Buat bunda yang baru pertama kali hamil, tidak perlu kuatir, tapi banyaklah membaca penjelasan-penjelasan artikel yang terkait seputar kehamilan seperti blog ini. Dan jangn malas untuk mempraktekkannya. Saya sendiri mempraktekkan saat hamil pertama dan hasilnya terbukti berhasil. Terima kasih.

1 comment:

  1. Ok thanks ta syarat nya moga anak ku aku udah masuk ke panggul juga bisa melahirkan dengan normal

    ReplyDelete

Adbox